Mitos atau Fakta Hasil Rapid Test Akan Positif Setelah Vaksin Covid -19?

Saat ini vaksin merupakan kewajiban bagi seluruh masyarakat. Mengingat wabah virus covid-19 belum juga usai. Vaksin merupakan upaya baik pemerintah maupun masyarakat untuk keluar dari pandemi ini yang sudah menghambat banyak kegiatan tertentu sehingga menyebabkan beberapa kerugian bagi sebagian orang. Namun, saat ini banyak beredar hoax mengenai vaksinasi. Salah satunya yaitu hasil rapid test akan positif setelah melakukan vaksinasi. Ini merupakan hoax yang mengganggu jalannya vaksinasi.

Sebenarnya mitos atau fakta hasil rapid test akan positif setelah melakukan vaksinasi? Jawabannya yaitu mitos!

Vaksin covid-19 digunakan sebagai upaya mencegah penularan covid-19 dan juga meringankan gejala apabila terpapar. Sebelum vaksin covid-19 dilakukan, petugas vaksin akan melakukan skrining/pengecekan dan pemeriksaan awal dulu untuk memastikan kita dapat menerima vaksin covid19 dalam keadaan yang baik – baik saja.

Vaksin covid-19 tidak menyebabkan pemeriksaan antigen menjadi positif. Setelah dilakukan vaksin, maka tubuh akan membentuk suatu kekebalan / antibodi pasca dilakukan vaksinasi sehingga tubuh akan memiliki kekebalan dari penyakit. Pada saat tubuh sedang membentuk kekebalan, bisa saja menimbulkan gejala – gejala seperti demam, nyeri otot, sakit kepala, mual, muntah dan bila suatu kekebalan tubuh terbentuk maka gejala tersebut akan berangsur membaik.

Pada saat tubuh sedang membentuk kekebalan, bisa saja menimbulkan gejala -gejala seperti demam, nyeri otot, sakit kepala, mual, muntah dan bila suatu kekebalan tubuh terbentuk maka gejala tersebut akan berangsur membaik. Tidak perlu khawatir karena ini umum terjadi pada setiap orang dan akan segera pulih.

Setelah melakukan vaksin selalu menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, hindari keramaian, rajin mencuci tangan, physical distancing, makan makanan yang bergizi, hindari merokok, istirahat yang cukup dan tetap berpikir positif. Kurangi makanan cepat saji dan ganti menjadi buah – buahan dan sayur – sayuran. Selalu rajin berolahraga agar tubuh tetap sehat selama pandemi. Sebab meskipun sudah dilakukan vaksin, kemungkinan untuk terkena infeksi Covid-19 atau tertular bisa saja terjadi. Jika mengalami gejala covid-19 segera periksakan kepada ahli kesehatan atau isolasi mandiri di rumah.

Program Pelayanan Unggulan di Klinik Pratama SWA

Layanan Pasien Umum 24 jam

Melayani pasien dengan semua keluhan dengan dokter stand by 24 jam (tidak hanya kasus emergency)

Layanan KIA 24 jam