Biaya Sunat Klamp

Tempat Sunat Terdekat Sleman Yogyakarta

Biaya Sunat Klamp – Khitan atau sunatan telah benar-benar terkenal dan lazim kita dengar. Di sebagian tempat, acara khitanan si kecil malah dibuat  acara hajatan, undangan, dan hiburan yang meriah. Khitan, yaitu bentuk mashdar (kata dasar) dari khatana, yang artinya memotong.

Al-Khitaan, Al-Ikhtitaan, adalah isim (kata benda) dari fi\’il (kata kerja) al-khaatin, atau sebutan daerah yang dikhitan, merupakan kulit yang tersisa sesudah dipotong. (Al-Isawi, 2008). Berdasarkan istilah khitan pada laki-laki merupakan memotong kulit yang menutupi ujung alat kelamin laki-laki yang disebut dengan Qulfah, agar tak terhimpun kotoran di dalamnya, dan juga supaya dapat menyelesaikan air kencing, serta tidak mengurangi nikmatnya jima’ suami isteri.

Secara spesifik, beberapa ulama membagi khitan menjadi 2 macam, yakni i\’dzaar dan khafdh. Dan Imam Nawawi menyebutkan, bahwa i\’dzaar itu khitan pada lelaki, meskipun khafdh cuma khusus pada khitan wanita. Demikian pula, Al-Jauhari menyebutkan, bahwa kata khafdh memang dikhususkan untuk khitan pada wanita.

1.Sejarah Awal Khitan

Berdasarkan Wikipedia, khitan telah dilaksanakan sejak zaman prasejarah. Hal tersebut bisa diamati dari lukisan-lukisan yang terdapat dalam gua-gua prasejarah. Khitan yaitu komponen dari syariat yang merekat pada kehidupan seorang Muslim. Khitan  yaitu fitrah manusia. Fitrah, menurut Al-Baidhawi, yaitu sunnah yang sudah berlaku sejak dahulu, yang dipilih oleh Nabi, dan menjadi spot temu segala syariat, sehingga seakan-akan amalan hal yang demikian diwariskan secara turun temurun.

Menurut riwayat yang shaheh (kuat), Nabi Ibrahim as melaksanakan khitan pada umur 80 tahun. Dalam riwayat lain yang juga shaheh beliau khitan pada usia 120. Melainkan antara dua hadis shaheh hal yang demikian dapat dikompromikan dengan jalan menghamal hadis pertama kepada 80 tahun dari tahun kenabian padahal hadis yang mengatakan beliau khitan pada umur 120 tahun, maksudnya merupakan dari tahun kelahiran beliau.

Laki-laki yang pertama kali melaksanakan khitan yakni Nabi Ibrahim as meskipun, dari pihak wanita yaitu siti Hajar. Nabi Adam as Allah ciptakan dalam kondisi telah terkhitan.

Diantara para Nabi yang terlahir sudah terkhitan ada 13 orang adalah: Nabi Syist, Nuh, Hud, Shalih, Luth, Syu”aib, yusuf, Musa, Sulaiman, Zakaria, Isa,  dan Nabi kita Muhammad saw.

 2.Peraturan Khitan

Rasulullah saw bersabda seputar persoalan fitrah berupa khitan ini: الْفِطْرَةُ خَمْسٌ أَوْ خَمْسٌ مِنْ الْفِطْرَةِ الْخِتَانُ وَالِاسْتِحْدَادُ وَنَتْفُ الْإِبْطِ وَتَقْلِيمُ الْأَظْفَارِ وَقَصُّ الشَّارِبِ Artinya : Fithrah itu ada lima : Khitan , mencukur rambut kemaluan ,mencabut bulu ketiak , memotong kuku , dan memotong kumis . ( HR. Bukhary dan Muslim ) .

Sebagai sebuah fitrah, khitan juga dilakukan oleh kaum terdahulu. Dari Abu Hurairah, Nabi saw. bersabda, \”Nabi Ibrahim a.s. berkhitan setelah usianya mencapai delapan puluh tahun, dan dia berkhitan dengan kapak. Meski Rasulullah diperintahkan oleh Allah untuk mencontoh agama Ibrahim, sebagaimana tercantum dalam firman yang artinya, \”Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): \’Ikutilah agama Ibrahim yang hanif.\’\” (QS. An-Nahl: 123).

Menurut beberapa  ulama, regulasi khitan untuk lelaki itu semestinya. Sementara, menurut riwayat yang cukup familiar  dari imam Malik, beliau mengatakan khitan regulasinya sunnah.

Ibnu Qudamah dalam kitabnya, Mughni, mengatakan bahwa khitan bagi lelaki undang-undangnya harus dan kemuliaan bagi perempuan. Meskipun ada perbedaan anggapan, sebab tata tertib minimalnya ialah sunnah, khitan yaitu sebuah ajaran yang mesti tidak ditinggalkan umat Islam.

Rasulullah saw. memerintahkan orang yang masuk islam untuk berkhitan sesuai sabdanya أَلْقِ عَنْكَ شَعْرَ الْكُفْرِ وَاخْتَتِنْ  Artinya: \”Hilangkan darimu rambut kekafiran ( yang menjadi domisili orang kafir ) dan berkhitanlah.\” (HR. Abu Dawud, dan dihasankan oleh Syeikh Al-Albany).

3.Faidah Khitan dalam Tinjauan Syariah

Menurut Syaikh Abdullan Nasih Ulwaan dalam buku Kitab Tarbiyatul Aulaad fiil Islam, khitan memiliki faedah sebagai berikut:

Berkhitan adalah fitrah terbesar, syiar dan ciri syariat Islam

Khitan yaitu salah satu pertanda kesempurnaan dan lurusnya Syariat Allah yang dipersembahkan lewat verbal Nabi Ibrahim A.S.

Khitan yaitu pembeda antara seorang muslim dengan penganut agama lainnya.

Khitan yaitu salah satu bukti pengakuan seseorang sebagai hamba Allah, melaksanakan instruksi-Nya dan patuh terhadap tata tertib serta kekuasaan-Nya.4

4.Waktu khitan

Terjadi khilaf anggapan para ulama perihal kapan seorang anak dikhitan. Berdasarkan anggapan yang shaheh tidak patut dikhitan sampai ia baligh dan disunatkan pada hari ketujuh kelahirannya, hal ini berlaku seandainya berdasarkan sangkaan medis hal hal yang demikian tak akan berdampak negativ.

Kalau tidak maka harus ditunggu sampai dia sanggup untuk dikhitan. Karenanya seorang yang telah baligh harus disegerakan untuk dikhitan dan jikalau dia enggan maka terhadap pemerintah wajib memaksanya untuk dikhitan.

 5.Tujuan Khitan

Berikut ini yaitu tujuan khitan adalah:

5.1Tujuan utama syariah kenapa khitan itu disyariatkan merupakan karena menghindari adanya najis pada member badan dikala sholat. Metode, tidak legal sholat seseorang kalau ada najis yang menempel pada badannya. Dengan khitan, karenanya najis kencing yang memperhatikan disekitar kulfa (kulub) akan jauh lebih gampang dihilangkan berbarengan dengan saat seseorang membasuh alat vitalnya sesudah buang air kecil.

5.2 sunnah Rasulullah.

5.3 sunnah Nabi Ibrahim.

6.Manfaat Khitan

Berikut ini ada sebagian manfaat dari khitan, adalah sebagai berikut:

  • Khitan tak mengakibatkan fungsi dan dorongan seksual pria pun mengarah menaikkan kenikmatan karena kelamin makin bersih sehingga menyegarkan untuk menjalankan relasi seksual.
  • Khitan mengakibatkan produktivitas laki-laki karena kelamin makin bersih sehingga air mani yang keluar tidak terinfeksi oleh buangan yang berisi komplikasi dari bekas-bekas air kencing.
  • Khitan dapat menyusutkan efek peradangan saluran urin
  • Khitan bisa menyusutkan efek peradangan penyakit menular seksual dan HIV AIDS
  • untuk perempuan, khitan dapat mengendalikan syahwat seksual
  • Menambahkan kenikmatan dan pikiran menyenangkan ketika melakukan seksual kepada pasangannya

Sekarang banyak “terobosan” baru berkaitan metode sunat agar proses penyembuhannya lebih pesat, bagus untuk anak-si kecil ataupun dewasa.

Nah, sebab metode sunat kian bervariasi, sebagian orang tua mungkin akan kebingungan untuk memilih mana yang paling aman.

 Ada empat cara sunat yang paling populer,

yakni sirkumsisi atau konvensional, laser atau electrical cauter, klem, dan stapler. Apa dan bagaimana prosedurnya, berikut penjelasannya:

1.Metode Sirkumsisi atau Konvensional

Sunat dengan cara ini dikerjakan dengan sistem memotong langsung kulup dengan alat potong, seperti gunting atau pisau bedah. Cara sunat ini sudah diaplikasikan semenjak lama dan masih banyak dipakai dikala ini.

Adapun kelebihan yang ditawarkan, yaitu minim risiko dan bisa dijalankan untuk pasien semua umur.

Tetapi, pelaksanaan penyembuhan metode ini lumayan lama dan memerlukan perawatan di rumah yang lebih saksama.

 2.Metode Laser (Electrical Cauter)

Sunat dengan cara laser menggunakan pemanas elektrik yang ditembakkan ke ujung penis untuk memotong kulup.

Sistem sunat dengan laser sekarang menjadi alternatif banyak orang tua untuk si kecil. Cara perbuatan ini lebih cepat dibandingi metode lainnya.

Kelebihan  sistem laser ialah minim jahitan dan perdarahan. Pengerjaan penyembuhannya malahan bisa lebih kencang dan perawatannya lebih simpel. Adapun kekurangannya, kepala penis berisiko terpotong.

3.Sistem Klem

Ilustrasi Sistem Klem

Sunat dengan sistem ini dilakukan dengan cara memasang alat klem di batang penis sesuai dengan ukuran.

 

Setelah itu, kulup dipotong dengan pisau bedah. Klem akan terpasang pada penis sampai luka mengering.

Kelebihan dari metode klem merupakan tak mengaplikasikan jahitan dan minim perdarahan. Selain itu, proses penyembuhan juga berlangsung pesat dan tak terlalu terlalu nyeri.

Sayangnya, sistem ini terbilang mahal dan klem berisiko menggantung di penis.

4.Metode Stapler

Sunat dengan cara stapler lazimnya dilaksanakan pada pria remaja dan dewasa.

Caranya dengan menggabungkan sistem potong serta jahit dengan alat strapler berbentuk lonceng pada komponen dalam untuk melindungi kepala penis.

Berikutnya, ada lonceng lain di luar yang punya pisau bundar untuk memotong kulup.

Metode ini punya kelebihan jahitan yang lebih kuat dan minim perdarahan. Akan melainkan, mirip seperti klem, harga cara stapler terbilang mahal. Stapler juga berisiko menggantung di kepala penis.

Banyak pakar mengatakan bahwa sistem konvensional ialah yang paling aman untuk dikerjakan. Alhasil ini salah satunya diberi pengaruh oleh tingkat keberhasilan metode lain yang masih diragukan.

Perlu dikenal, ketika penis disunat mengaplikasikan sistem konvensional, tindakan operasi memungkinkan pembuluh darah terbuka selama dijahit. Tetapi, pembuluh darah tak terbuka dikala pasien menangis atau menjerit sakit.

Itulah mengapa cara konvensional atau sistem sirkumsisi dianggap yang paling aman untuk diaplikasikan.

Dari segi kesehatan, sunat memang sungguh-sungguh menguntungkan. Prosedur ini membikin kemaluan pria lebih bersih dan terhindar dari risiko infeksi saluran kemih.

Tapi, untuk menerima profit hal yang demikian, sunat semestinya dikerjakan dengan prosedur yang benar. Sekarang sudah banyak fasilitas kesehatan pratama yang menyediakan layanan sunat.

Perawatan Pasca Sunat

Sekiranya sunat, akan dijalankan perawatan ialah diberikan antibiotik untuk mencegah infeksi, analgesik atau penahan rasa sakit dan anti inflamasi. Tidak perlu diberikan vitamin.

Dijalankan ada pantangan makan, tetapi direkomendasikan mengonsumsi makanan tinggi protein.

Pada sunat konvensional pasien direkomendasikan kontrol 3 hari pada perbuatan untuk membuka perban. Pada pasien yang gemuk dan banyak lemak di daerah penisnya, kemungkinan akan dikerjakan perawatan terbuka tanpa perban.

Selama 3 hari penis dijaga agar tak berair dan terkena air seni.  direkomendasikan untuk mengurangi aktivitas yang berlebihan.

Klinik Khitan Sleman| Klinik Pratama Swa

Klinik kandungan terdekat

Bagi warga Yogyakarta di wilayah Sleman khususnya, bila anda sedang menggali tempat sunat terdekat ada baiknya anda datang ke klinik Pratama Swa.Klinik Pratama Swa melayani sunat/khitan canggih dengan kelebihan :

  • Hasil sunat/khitan lebih rapi
  • Perawatan sesudah khitan tidak ribet
  • Bisa langsung berenang mandi+ berendam biar cpt lepas klemnya
  • Tidak butuh bolak balik kontrol sesudah khitan, lumayan wa saja
  • Bisa langsung bersepeda, maen bola sesudah khitan

Klinik Pratamaswa yang berlokasi di Jalan. Salak– Turi Kilometer 4 Kadisobo Trimulyo Sleman Yogyakarta, ataupun bisa telpon ato wa

di nomor telepon 0274 453 0416/+62 822-3247-3130  ataupun dapat langsung chat admin kami dengan klik link berikut

 http://bit.ly/InfoKlinikPratamaSwa ( hendak langsung tersambung dengan wa admin kami)

Lokasi kami

PENGUNJUNG JUGA MENCARI:

  • Biaya sunat di puskesmas